Sunday, January 1, 2017

Makalah Natural Language Interface To Database

Nama : Pahlevi Zaki Rahmandianto
NPM  : 18114363
Kelas  : 3KA 39

Bab 1
Pendahuluan

Bahasa alami user interface LUI atau NLUI merupakan jenis antarmuka komputer manusia dimana fenomena linguistik seperti kata kerja frasa dan klausa bertindak sebagai kontrol UI , untuk membuat memilih dan memodifikasi data dalam aplikasi perangkat.
Dalam antarmuka desain bahasa alami banyak dicari untuk kecepatan dan kemudahan penggunaan mereka, tetapi menderita tantangan untuk memahami berbagai jenis masukan ambigu.
Antarmuka bahasa alami adalah daerah yang aktif studi di bidang pengolahan bahasa alami dan komputasi linguistik. sebuah antarmuka bahasa alami umum intuitif adalah salah satu tujuan aktif dari semantic web.


Bab 2
Pembahasan

Salah satu kebutuhan untuk merumuskan query sedemikian rupa bahwa komputer akan memahami dan menghasilkan output yang diinginkan. Query Language (SQL) norma terstruktur yang dikejar di hampir semua bahasa untuk sistem database relasional. Norma-norma SQL didasarkan pada interpretasi Boolean query. Tetapi beberapa persyaratan pengguna mungkin tidak dijawab secara eksplisit oleh sistem query klasik. Hal ini karena fakta bahwa karakteristik persyaratan 'tidak bisa diungkapkan dengan bahasa query biasa. Banyak aplikasi database generasi baru menetapkan manajemen informasi cerdas memerlukan interaksi efisien antara pengguna dan basis data. Dalam beberapa kali, ada meningkatnya permintaan untuk pengguna non-ahli untuk query database relasional dalam bahasa yang lebih alami meliputi variabel linguistik dan hal, bukannya beroperasi pada nilai-nilai atribut.
Oleh karena itu ide untuk menggunakan bahasa alami bukan SQL telah mendorong pengembangan jenis baru metode pengolahan yang disebut Natural Language Interface to Database (NLIDB). NLIDB adalah langkah menuju pengembangan sistem database cerdas (IDBS) untuk meningkatkan pengguna dalam melakukan query fleksibel dalam database. 

IDBS (Intelligent  Database System)

Intelligent  Database System adalah sistem yang mengelola informasi dengan cara alami, membuat informasi yang mudah untuk menyimpan, mengakses dan menggunakan. Salah satu alasan utama untuk menggunakan Intelligent  Database System adalah bahwa kita hidup dalam keadaan kekenyangan informasi. Untuk sekadar bertahan hidup dalam masyarakat saat ini, kita perlu mengakses dan menggunakan informasi ini. Dengan menggunakan Intelligent  Database System kita dapat memiliki akses yang lebih baik dalam penggunaan, lebih banyak jenis informasi yang mereka bisa sebaliknya. Ini berarti Intelligent  Database System harus  memberikan tingkat tinggi alat cerdas yang memberikan wawasan baru ke dalam isi database dengan mengekstraksi pengetahuan dari data. Membuat informasi tersedia untuk sejumlah besar orang karena lebih banyak orang sekarang dapat memanfaatkan sistem karena kemudahan penggunaan. Meningkatkan proses pengambilan keputusan yang terlibat dalam menggunakan informasi setelah itu telah diambil dengan menggunakan model informasi tingkat yang lebih tinggi.

NLIDB (Natural Language Interface to Database)

Siapapun dapat mengumpulkan informasi dari database dengan menggunakan sistem seperti .Additionally, mungkin mengubah persepsi kita tentang informasi dalam database. Secara tradisional, orang yang digunakan untuk bekerja dengan bentuk harapan mereka sangat tergantung pada kemampuan formulir. NLIDB membuat seluruh pendekatan yang lebih fleksibel, karena itu akan memaksimalkan penggunaan database. Ada banyak aplikasi yang dapat mengambil keuntungan dari NLIDB. Di PDA dan ponsel lingkungan, tampilan layar tidak selebar komputer atau laptop. Mengisi formulir yang memiliki banyak bidang dapat membosankan satu mungkin harus menavigasi melalui layar, untuk menggulir, untuk mencari nilai-nilai kotak scroll, dll Sebaliknya, dengan NLIDB, satu-satunya pekerjaan yang perlu dilakukan adalah dengan mengetikkan pertanyaan serupa dengan SMS (Short Messaging System). Natural Language Interface to Database merupakan  untuk menerima permintaan dalam bahasa Inggris atau bahasa alam lainnya dan mencoba untuk 'memahami' mereka atau kita dapat mengatakan bahwa Natural Language Interface to Database (NLIDB) adalah sistem yang menerjemahkan kalimat bahasa alami ke dalam query database. Meskipun penelitian awal telah dimulai sejak akhir. 

Kelebihan 


1. Pengguna (user) sistem NLIDB tidak perlu mempelajari bahasa query basis data (SQL, dll.) melainkan cukup melakukan perintah dengan bahasa alami.
2. Perintah negasi (tidak, bukan, dll.) lebih mudah diekspresikan dalam bahasa alami dibandingkan dengan menggunakan antarmuka form.
3. Sudah dibuatnya aplikasi mobile-nya.

Kekurangan 

1.  Cakupan linguistik tidak jelas
Saat ini semua sistem NLIDB hanya dapat menangani beberapa subset dari bahasa alami dan tidak mudah untuk menentukan subset ini. Bahkan beberapa sistem NLIDB tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tertentu milik subset mereka sendiri. Hal ini tidak terjadi di bahasa formal. Cakupan bahasa formal jelas dan pernyataan yang mengikuti aturan yang diberikan dijamin untuk memberikan jawaban yang sesuai.

2.  Kegagalan konseptual
Dalam kasus kegagalan sistem NLIDB, sering terjadi bahwa sistem tidak memberikan penjelasan tentang apa yang menyebabkan sistem gagal. Beberapa pengguna mungkin mencoba untuk ulang kata-kata pertanyaan atau hanya meninggalkan pertanyaan yang belum terjawab. Sebagian besar waktu, terserah kepada pengguna untuk menentukan penyebab kesalahan.

3. Harapan palsu
Orang dapat disesatkan oleh kemampuan sistem ini NLIDB untuk memproses bahasa alami: mereka mungkin menganggap bahwa sistem cerdas .Oleh daripada meminta pertanyaan yang tepat dari database, mereka mungkin tergoda untuk mengajukan pertanyaan yang melibatkan ide-ide yang kompleks, penilaian tertentu, penalaran kemampuan, dll, yang sistem NLIDB tidak bisa diandalkan.

Bab 3
Penutup

Kesimpulannya : Bahwa bahasa alami user interface LUI atau NLUI merupakan jenis antarmuka komputer manusia dimana fenomena linguistik seperti kata kerja frasa dan klausa bertindak sebagai kontrol UI , untuk membuat memilih dan memodifikasi data dalam aplikasi perangkat.

Sarannya : Lebih memudahkan lagi dari segi pemakaiannya agar minat user bertambah dan dapat disempurnakan karena mudah dipahami, terkait bahasa bahasa nya.


Referensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/Natural_language_user_interface
https://www.codeproject.com/articles/990613/natural-language-interface-to-database-using-siml?msg=5074300
http://www.slideshare.net/swethapallati5/nlidbnatural-language-interface-to-databases


 




 

No comments:

Post a Comment