Ciri-Ciri Organisasi -
Organisasi dapat dibedakan dengan melihat ciri-ciri organisasi dimana ciri-ciri
organisasi beraneka ragam antara lain sebagai berikut:
1.
Ciri-Ciri Organisasi Secara umum
Memiki tujuan dan
sasaran.
Memiliki komponen yaitu
atasan dan bawahan.
Adanya kerja sama yang
terstruktur .
Memiliki pendegelasian
wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
Memiliki keterikatakan
format dan tatat tertip yang harus ditaati.
2.
Ciri-Ciri Organisasi Menurut Para Ahli yaitu Berelson dan Steiner
Formalitas, adalah ciri
organisasi sosial yang merujuk pada perumusan tertulis daripada
peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan prosedur, kebijaksanaan, tujuan,
strategi dan seterusnya
Hierarki, adalah ciri
organisasi yang mengacu pada pola kekuasaan dan kewenangan yang berbentuk
piramida, artinya terdapat orang-orang tertentu dengan kekuasaan dan kewenangan
yang tinggi dari pada orang biasa dalam organisasi tersebut.
Besar dan Kompleksnya,
adalah ciri organisasi sosial yang memiliki banyak anggota sehingga hubungan
sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal) yang biasanya disebut
dengan "gejala birokrasi"
Lamanya (Duration),
adalah ciri organisasi dimana eksistensi organisasi lebih lama dari pada
keanggotaan pada organisasi tersebut.
3.
Ciri-Ciri Organisasi Modern
Organisasi bertambah
besar
Penggunaan staf lebih
intensif
Unsur-unsur organisasi
lebih lengkap
Pengelolaan data
semakin cepat
Adanya prinsip-prinsip
atau azas-asaz organisasi
Cenderung spesialisasi
Unsur-Unsur Organisasi
- Setiap organisasi memiliki beragam unsur antara lain sebagai berikut :
1.
Unsur-Unsur Organisasi Secara Umum
Manusia, adalah unsur
utama pembentuk organisasi yang disebut sebagai personil atau anggota yang
menurut fungsi dan tingkatannya terdiri atas unsur pimpinan (administrator)
sebagai pemimpin tertinggi organisasi, para manajer pemimpin unit tertentu
suatu kerja sesuai fungsinya dan para pekerja (workers). Setiap hal tersebut
merupakan kekuatan organisasi.
Kerja Sama, adalah
unsur organisasi dimana setiap anggota atau personil melakukan perbuatan secara
bersama-sama untuk tujuan bersama.
Tujuan Bersama, adalah
Sasaran yang ingin dicapai/ diharapkan baik dari prosedur, program, pola atau
titik akhir dari pekerjaan organisasi tersebut.
Peralatan (Equipment),
adalah sarana dan prasarana yang berupa kelengkapan dari organisasi tersebut
baik itu berupa bangunan (gedung, kantor), materi, uang, dan kelengkapan
lainnya.
Lingkungan
(Environment), adalah unsur organisasi yang juga memiliki pengaruh. Faktor
tersebut adalah ekonomi, sosial budaya, strategi, kebijaksanaan. anggaran, dan
peraturan yang telah ditetapkan.
Kekayaan Alam, yang
termasuk dengan kekayaan alam adalah air, cuaca, keadaan iklim, flora dan
fauna.
Kerangka/Kontruksi
Mental Organisasi, adalah landasan dari organisasi yang berada pada visi
organisasi tersebut dibuat.
2.
Unsur-Unsur Organisasi Menurut Keith Davis
Unsur Pertama, bahwa
partisipasi atau keikutsertaan sesungguhnya merupakan keterlibatan mental dan
perasaan, lebih daripada semata-mata atau hanya keterlibatan secara jasmaniah
Unsur Kedua, adanya
sikap sukarela dalam membantu kelompok mencapai tujuan tertentu.
Unsur Ketiga, unsur
tanggung jawab merupakan rasa yang paling menonjol dalam menjadi anggota
3.
Unsur-Unsur Dasar Organisasi
Personil atau anggota
Visi
Misi
Wewenang
Struktur
Hubungan
Formalitas
Sumber Energi
Proses Kegiatan
organisasi
Teori-Teori Organisasi
- Terdapat macam-macam teori organisasi antara lain sebagai berikut.
1.
Teori Organisasi Klasik
adalah teori yang
memiliki konsep organisasi mulai dari tahun 1800 (abad 19) yang mendefinisikan
organisasi adalah sebagai struktur hubungan, kekuasaan-kekuasaan,
tujuan-tujuan, peranan-peranan, kegiatan-kegiatan, komunikasi dan faktor lain
ketika orang bekerja sama. Teori klasik sangat tersentralisasi dan
tugas-tugasnya terspesialisasi serta pemberian petunjuk mekanistik struktural
yang kaku dan tidak kreatif yang digambarkan oleh para teoritisi. Teori Klasik
disebut juga dengan teori tradisional. Teori klasik berkembang dalam 3 jenis
aliran antara lain sebagai berikut..
Teori Birokrasi, teori
birokrasi dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya yang berjudul "The
Protestant Ethic and Spirit of Capitalism
Teori Administrasi,
teori administrasi dikembangkan atas sumbangan dari Henry Fayol dan Lyndall
Urwick dari Eropa serta Mooeny dan Reliey dari Amerika
Manajemen Ilmiah, teori
ini dikembangkan oleh Frederick Winslow Taylor yang dimulai pada tahun 1900.
2.
Teori Organisasi Neoklasik
adalah Teori yang
menekankan pada pentingnya aspek psikologis dan sosial, baik sebagai individu
dan kelompok dalam lingkungan kerja. Teori Neoklasik adalah teori/aliran
hubungan manusia (The Human Relation Movement). Dalam pembagian kerja,
diperlukan hal-hal berikut yang telah dikemukakan teori neoklasik antara lain
sebagai berikut.
Partisipasi, yaitu
melibatkan setiap orang dalam proses pengambilan keputusan
Perluasan kerja, yaitu
sebagai kebalikan dari pola spesialisasi
Manajemen bottom-up,
yang akan memberikan kesempatan para junior untuk berpartisipasi dalam
pengambilan keputusan manajemen puncak.
3.
Teori Organisasi Modern
adalah teori yang
bersifat terbuka dimana semua unsur organisasi satu kesatuan yang saling
ketergantungan. Teori modern dipelopori oleh Herbert Simon yang ditandai dan
dimulai disaat berakhirnya gerakan contingency. Teori modern disebut juga
sebagai analisa system pada organisasi yang merupakan aliran ketiga terbesar
dalam teori organisasi dan manajemen. Sistem terbuka yang dipelopori Katz dan
Robert kahn dalam bukunya "the social psychology of organization".
yang menjelaskan dalam bukunya mengenai keunggulan sistem terbuka.
Manfaat Organisasi -
Mengikuti dan menjadi anggota dalam organisasi memiliki manfaat antara lain
sebagai berikut:
Tercapainya sebuah
tujuan
Melatih mental bicara
di publik
Mudah memecahkan
masalah
Melatih leadership
Memperluas pergaulan
Kuat dalam menghadapi
tekanan
Meningkatkan wawasan
dan pengetahuan
Membentuk karakteristik
dengan seseorang
Mampu dalam mengatur
waktu dengan baik
Sebagai ajang dalam
pembelajaran kerja yang sebenarnya.
PENDAPAT :
Menurut saya organisasi
yang baik ialah organisasi yang mempunyai peraturan AD/ART dan mampu
menjalankan ekonomi mandiri serta organisasi yang tidak meraup keuntungan, dan
mempunyai pemimpin yang cerdas dan bertanggung jawab serta mampu menjadi contoh
staff-staff nya, serta mampu menjalin komunikasi yang baik kepada staff staff
yang membantu nya.
REFERENSI :
http://www.kompasiana.com/bagaskaraputra/ciri-ciri-unsur-teori-organisasi_54f43e057455137e2b6c8abb
No comments:
Post a Comment