Tuesday, October 13, 2015

Ciri-ciri Organisasi , Unsur-Unsur Organisasi dan Teori Organisasi.

Ciri-Ciri Organisasi - Organisasi dapat dibedakan dengan melihat ciri-ciri organisasi dimana ciri-ciri organisasi beraneka ragam antara lain sebagai berikut:

1. Ciri-Ciri Organisasi Secara umum
Memiki tujuan dan sasaran.
Memiliki komponen yaitu atasan dan bawahan.
Adanya kerja sama yang terstruktur .
Memiliki pendegelasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
Memiliki keterikatakan format dan tatat tertip yang harus ditaati.

2. Ciri-Ciri Organisasi Menurut Para Ahli yaitu Berelson dan Steiner
Formalitas, adalah ciri organisasi sosial yang merujuk pada perumusan tertulis daripada peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi dan seterusnya
Hierarki, adalah ciri organisasi yang mengacu pada pola kekuasaan dan kewenangan yang berbentuk piramida, artinya terdapat orang-orang tertentu dengan kekuasaan dan kewenangan yang tinggi dari pada orang biasa dalam organisasi tersebut.
Besar dan Kompleksnya, adalah ciri organisasi sosial yang memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal) yang biasanya disebut dengan "gejala birokrasi"
Lamanya (Duration), adalah ciri organisasi dimana eksistensi organisasi lebih lama dari pada keanggotaan pada organisasi tersebut.

3. Ciri-Ciri Organisasi Modern
Organisasi bertambah besar
Penggunaan staf lebih intensif
Unsur-unsur organisasi lebih lengkap
Pengelolaan data semakin cepat
Adanya prinsip-prinsip atau azas-asaz organisasi
Cenderung spesialisasi
Unsur-Unsur Organisasi - Setiap organisasi memiliki beragam unsur antara lain sebagai berikut :

1. Unsur-Unsur Organisasi Secara Umum
Manusia, adalah unsur utama pembentuk organisasi yang disebut sebagai personil atau anggota yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri atas unsur pimpinan (administrator) sebagai pemimpin tertinggi organisasi, para manajer pemimpin unit tertentu suatu kerja sesuai fungsinya dan para pekerja (workers). Setiap hal tersebut merupakan kekuatan organisasi.
Kerja Sama, adalah unsur organisasi dimana setiap anggota atau personil melakukan perbuatan secara bersama-sama untuk tujuan bersama.
Tujuan Bersama, adalah Sasaran yang ingin dicapai/ diharapkan baik dari prosedur, program, pola atau titik akhir dari pekerjaan organisasi tersebut.
Peralatan (Equipment), adalah sarana dan prasarana yang berupa kelengkapan dari organisasi tersebut baik itu berupa bangunan (gedung, kantor), materi, uang, dan kelengkapan lainnya.
Lingkungan (Environment), adalah unsur organisasi yang juga memiliki pengaruh. Faktor tersebut adalah ekonomi, sosial budaya, strategi, kebijaksanaan. anggaran, dan peraturan yang telah ditetapkan.
Kekayaan Alam, yang termasuk dengan kekayaan alam adalah air, cuaca, keadaan iklim, flora dan fauna.
Kerangka/Kontruksi Mental Organisasi, adalah landasan dari organisasi yang berada pada visi organisasi tersebut dibuat.
2. Unsur-Unsur Organisasi Menurut Keith Davis
Unsur Pertama, bahwa partisipasi atau keikutsertaan sesungguhnya merupakan keterlibatan mental dan perasaan, lebih daripada semata-mata atau hanya keterlibatan secara jasmaniah
Unsur Kedua, adanya sikap sukarela dalam membantu kelompok mencapai tujuan tertentu.
Unsur Ketiga, unsur tanggung jawab merupakan rasa yang paling menonjol dalam menjadi anggota

3. Unsur-Unsur Dasar Organisasi
Personil atau anggota
Visi
Misi
Wewenang
Struktur
Hubungan
Formalitas
Sumber Energi
Proses Kegiatan organisasi



Teori-Teori Organisasi - Terdapat macam-macam teori organisasi antara lain sebagai berikut.
1. Teori Organisasi Klasik  
adalah teori yang memiliki konsep organisasi mulai dari tahun 1800 (abad 19) yang mendefinisikan organisasi adalah sebagai struktur hubungan, kekuasaan-kekuasaan, tujuan-tujuan, peranan-peranan, kegiatan-kegiatan, komunikasi dan faktor lain ketika orang bekerja sama. Teori klasik sangat tersentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi serta pemberian petunjuk mekanistik struktural yang kaku dan tidak kreatif yang digambarkan oleh para teoritisi. Teori Klasik disebut juga dengan teori tradisional. Teori klasik berkembang dalam 3 jenis aliran antara lain sebagai berikut..
Teori Birokrasi, teori birokrasi dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya yang berjudul "The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism
Teori Administrasi, teori administrasi dikembangkan atas sumbangan dari Henry Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooeny dan Reliey dari Amerika
Manajemen Ilmiah, teori ini dikembangkan oleh Frederick Winslow Taylor yang dimulai pada tahun 1900.

2. Teori Organisasi Neoklasik
adalah Teori yang menekankan pada pentingnya aspek psikologis dan sosial, baik sebagai individu dan kelompok dalam lingkungan kerja. Teori Neoklasik adalah teori/aliran hubungan manusia (The Human Relation Movement). Dalam pembagian kerja, diperlukan hal-hal berikut yang telah dikemukakan teori neoklasik antara lain sebagai berikut.
Partisipasi, yaitu melibatkan setiap orang dalam proses pengambilan keputusan
Perluasan kerja, yaitu sebagai kebalikan dari pola spesialisasi
Manajemen bottom-up, yang akan memberikan kesempatan para junior untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan manajemen puncak.


3. Teori Organisasi Modern
adalah teori yang bersifat terbuka dimana semua unsur organisasi satu kesatuan yang saling ketergantungan. Teori modern dipelopori oleh Herbert Simon yang ditandai dan dimulai disaat berakhirnya gerakan contingency. Teori modern disebut juga sebagai analisa system pada organisasi yang merupakan aliran ketiga terbesar dalam teori organisasi dan manajemen. Sistem terbuka yang dipelopori Katz dan Robert kahn dalam bukunya "the social psychology of organization". yang menjelaskan dalam bukunya mengenai keunggulan sistem terbuka.
Manfaat Organisasi - Mengikuti dan menjadi anggota dalam organisasi memiliki manfaat antara lain sebagai berikut:
Tercapainya sebuah tujuan
Melatih mental bicara di publik
Mudah memecahkan masalah
Melatih leadership
Memperluas pergaulan
Kuat dalam menghadapi tekanan
Meningkatkan wawasan dan pengetahuan
Membentuk karakteristik dengan seseorang
Mampu dalam mengatur waktu dengan baik
Sebagai ajang dalam pembelajaran kerja yang sebenarnya.

PENDAPAT :
Menurut saya organisasi yang baik ialah organisasi yang mempunyai peraturan AD/ART dan mampu menjalankan ekonomi mandiri serta organisasi yang tidak meraup keuntungan, dan mempunyai pemimpin yang cerdas dan bertanggung jawab serta mampu menjadi contoh staff-staff nya, serta mampu menjalin komunikasi yang baik kepada staff staff yang membantu nya.

REFERENSI :

http://www.kompasiana.com/bagaskaraputra/ciri-ciri-unsur-teori-organisasi_54f43e057455137e2b6c8abb

No comments:

Post a Comment